alexametrics Wabup Hadiri Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Cabor DBON Kaltim

Wabup Hadiri Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Cabor DBON Kaltim

Sabtu, 18 Maret 2023 13:37

wabup-hadiri-sosialisasi-dan-pembekalan-strategi-cabor-dbon-kaltim

Wabup Drs Yohanes Avun (tengah) Bersama jajaran Disparpora usai Sosialisasi dan Pembekalan Cabor DBON di Ruang Ruhui Rahayu, Selasa (14/3).

SAMARINDA - Wakil Bupati (Wabup) Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun menghadiri Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Cabang Olahraga (Cabor) Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gurbernur Kaltim,  Selasa (14/03)

Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di buka langsung Oleh Gurnernur Kaltim Dr H Isran Noor yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekprov Kaltim HM Syirajudin dengan Tema “Menuju Organisasi Yang Kuat, Sinergitas Untuk mencapai visi DBON 2045”.

Dalam Sambutan Gurbernur Kaltim mengatakan, pentingnya sebuah pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional secara terintegrasi dan kolaboratif, untuk itu perlu didukung kebijakan yang bersinergi dalam DBON dan selaras perencanaan pembangunan nasional.

“Ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan SDM keolahragaan serta tata kelola organisasi induk cabang olahraga di Kaltim. Untuk pembinaan para atlit kita, yang nantinya bisa meraih prestasi di berbagai ajang nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Deputi III sekaligus Plt Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Dr Raden Isnanta juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat Indonesia menanti prestasi olahraga Indonesia, karena dengan adanya kehadiran DBON menjawab impian masyarakat khususnya di bidang olahraga.

“Kami apresiasi DBON Kaltim, karena merupakan daerah pertama dari 34 Provinsi di Indonsia yang sudah terbentuk SK DBON-nya, sudah ada sekretariatnya, dan sudah mulai melakukan kegiatan sosialisasi dan pembekalan,” ucapnya.

Sementara itu, Wabup Mahulu Drs Yohanes Avun ditemui Usai mengikuti Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Cabor DBON menyampaikan, Pemkab Mahulu akan menindak lanjuti melalui Disparpora, dengan segera mensosialisasikan apa itu DBON dan kemudian akan memulai membentuk Tim serta Pengurusnya.

“Sarana dan prasarana didaerah mahulu ini masih terbatas, maka nanti jika sudah terbentuk tim dan pengurus segera mungkin dibuat rencana aksinya. Saya tadi juga sudah sampaikan ke Pemprov maupun Pusat untuk memberi dukungan pada kita dalam menyiapkan Sarana Prasana, karena dengan Minimnya Sapras ini Mahulu sulit mengejar prestasi seperti daerah-daerah lain yang saprasnya sudah lengkap,” tuturnya.

Dirinya mengatakan dengan Fokus utama DBON harus Cabor yang termasuk dalam potensi Olimpiade, maka Langkah yang akan disiapkan yaitu menyiapkan bibit-bibit atlet mulai dari tingkat dasar yakni, SD kelas 5-6 hingga SMA.

“Proses identifikasi bakat harus dilakukan mulai dari lulusan SD, kita akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah melihat bakat yang sudah terlihat dari sejak bangku SD, dibina dan dikembangkan. Selain itu juga kita akan melakukan pemetaan cabor yang sesuai dengan daerah kita agar bisa membawa nama Kabupaten Mahulu ketingkat Nasional maupun Internasional nantinya,” tutup Wabup Mahulu. (Prokopim/Vta/td/*/sya)