alexametrics DPMD Kukar akan Bina Desa Enggelam Menuju Lomba Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi

DPMD Kukar akan Bina Desa Enggelam Menuju Lomba Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi

Kamis, 25 Mei 2023 19:16

dpmd-kukar-akan-bina-desa-enggelam-menuju-lomba-posyandu-terbaik-tingkat-provinsi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Arianto (Elmo/Prokal.co)

TENGGARONG – Posyandu Teratai, Desa Enggelam, Kecamatan Muara Wis menangkan lomba Posyandu terbaik tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kemenangan Desa Enggelam ini diumumkan di Gedung PKM pada Kamis (25/5). Dimana pada kemenangan ini Desa Enggelam berhasil kalahkan lima posyandu dari desa lain. Dan nantinya akan dipersiapkan untuk maju di lomba Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengatakan Desa Muara Enggelam akan dikirim untuk mengikuti lomba Posyandu Terbaik Tingkat Kaltim. Untuk itu pihaknya akan melakukan pendampingan serta pembinaan agar mereka dapat berpartisipasi dengan posyandu terbaik dari kabupaten dan kota Kaltim lainnya.

“Pembinaan akan dilakukan untuk juara satu ini sebelum mereka berpartisipasi di tingkat provinsi,” ungkap Arianto. 

Setelah ditetapkan sebagai juara satu. Pembinaan akan dilaksanakan pada awal Juni untuk membenahi hal-hal yang masih kurang. Dan menyesuaikan dengan indikator penilaian. Karena peningkatan masih perlu digenjot agar dapat menjadi posyandu yang terbaik di tingkat Kaltim.

Pembinaan yang dilakukan sendiri ujar Arianto akan berfokus pada kelengkapan sarana prasarana Posyandu. Kondisi dan lokasi gedung yang harus berada di tengah pemukiman dan memenuhi standar yang layak. Selain itu, pelatihan juga telah diberikan kepada kader Posyandu untuk memberikan pemahaman dan melaksanakan kegiatan Posyandu. Hingga kelengkapan data yang diminta oleh Dinkes, terkait data balita, ibu hamil, pemberian vitamin, dan makanan tambahan. 

“Kami akan mendampingi pihak desa dalam hal partisipasi dalam pembiayaan dan pembinaan Posyandu.  Semua hal ini akan diselesaikan dan dikoordinasikan agar ketika disampaikan ke tingkat provinsi sudah lengkap," tutup Arianto. (adv/moe)