alexametrics Jalan Tembusan Mulai Dikerjakan, Pembangunan di Eks Bandara Temindung Bisa Urai Macet

Jalan Tembusan Mulai Dikerjakan, Pembangunan di Eks Bandara Temindung Bisa Urai Macet

Senin, 20 November 2023 12:13

jalan-tembusan-mulai-dikerjakan-pembangunan-di-eks-bandara-temindung-bisa-urai-macet

PERSIAPAN: Beberapa alat berat terlihat mematangkan lahan pembangunan akses tembusan jalan di eks Bandara Temindung.

Pembangunan jalan tembusan melintasi runway eks Bandara Temindung, Kecamatan Sungai Pinang, telah dimulai sejak Senin (13/11) lalu. Saat ini pelaksana merekayasa lapangan dan pematangan lahan.

 

SAMARINDA–Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR Pera) Kaltim Hariadi Purwatmoko mengatakan, pekerjaan akan dilakukan hingga akhir tahun ini. Jalan sepanjang 289 meter dengan lebar 21 meter itu nantinya menghubungkan Jalan S Parman, Kecamatan Sungai Pinang, menuju Jalan KH Samanhudi, Kecamatan Samarinda Ilir.

"Harapannya akhir tahun bisa rampung sesuai perencanaan," ujarnya, Minggu (19/11).

Mengenai kendala, Hariadi menuturkan sejumlah potensi ditemukan di lapangan, seperti pemindahan TPS yang masih dikoordinasikan dengan pemerintah kecamatan dan warga. Termasuk berkoordinasi dengan pemilik kebun atau tanaman yang ada serta warung bahwa mereka berdiri di lahan pemerintah.

"Alhamdulillah telah selesai. Tidak ada pembebasan lahan. Selain itu, menunggu hasil penyelidikan tanah dengan metode boring, sebelum memulai pekerjaan fisik," sambungnya.

Salah satu potensi kendala lain yakni ketika jalan selesai dibangun, terdapat perbedaan lebar dengan jalan eksisting. Harapannya ke depan bisa disamakan lebarnya. Namun, karena kewenangan pemerintah kota, sehingga akan dikoordinasikan.

"Jalan kami lebih lebar, sehingga diharapkan akses penghubung dua sisi jalan bisa sama lebarnya," tambahnya.

Pembangunan jalan tembusan itu menggunakan anggaran Rp 13 miliar dari APBD Perubahan 2023 Kaltim. Jalan itu diharapkan dapat menjadi akses alternatif bagi masyarakat di sekitar eks Bandara Temindung, sekaligus mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (dra)

 

DENNY SAPUTRA

@dennysaputra46