alexametrics Buka Lowongan Kerja untuk Proyek Adaptation Fund

Buka Lowongan Kerja untuk Proyek Adaptation Fund

Jumat, 26 Mei 2023 10:17

buka-lowongan-kerja-untuk-proyek-adaptation-fund

Idfi Septiani

SAMARINDA–Pemkot Samarinda membuka lowongan kerja untuk tiga posisi, yakni dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan ruang terbuka publik (RTP) dalam Proyek Adaptation Fund (Embracing the Sun Program) di kawasan Pasar Segiri, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu. Lowongan dibuka sejak Rabu (24/5) sampai Selasa, (30/5) mendatang.

 Kabag Kerja Sama Pemkot Samarinda Idfi Septiani menjelaskan, rekrutmen itu demi mendukung kegiatan kerja sama yang telah dibangun, antara pemkot dengan Center for Climate and Urban Resilience (CeCUR) Untag 1945 Surabaya dan Queensland University of Technology (QUT), serta kemitraan (partnership). Masa kontrak kerja terhitung Mei 2023-April 2024 mendatang. “Kami berharap banyak warga Samarinda yang berpartisipasi. Karena di beberapa kesempatan, rekrutmen juga banyak diminati pendaftar dari luar Kalimantan,” ucapnya, Kamis (25/5).

Tiga posisi yang dibutuhkan adalah petugas lapangan senior, petugas lapangan junior, dan pengorganisasian komunitas. Salah satu syarat utama pelamar adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 500, IBT 61, IELTS 6.0 atau Duolingo 95.

Hal itu lantaran salah satu instansi yang melaksanakan program tersebut dari luar negeri. “Karena itu proyek internasional, tentu bahasa Inggris menjadi penting. Baik lisan maupun tulisan. Apalagi dari QUT juga akan mengirimkan mahasiswa magang di program tersebut,” ucapnya.

Mengenai gaji, Idfi menawarkan minimal diberikan UMK Samarinda, atau sekitar Rp 3,3 juta untuk satu bulan. Dia menilai proyek itu cukup bergengsi dan bisa menambah CV dari para pekerja yang nantinya terpilih seleksi. “Itu tantangan baru bagi kalangan profesional maupun pemula,” ujarnya. 

Beberapa kriteria pelamar antara lain untuk petugas lapangan senior minimal pengalaman 5 tahun, dan petugas lapangan junior minimal pengalaman 3 tahun di bidang yang sama. Sedangkan untuk petugas pengorganisasian pengalaman minimal 2 tahun.

Idfi menambahkan, calon pelamar bisa melihat detail persyaratan pada laman https://bit/ly./CeCUR_recruitment_staff. Lamaran dikirim dengan CV yang disusun dengan format europass, pada https://europa.eu/europass/en, beserta dokumen pendukung lainnya, lalu dikirim ke email: admin@cecur.or.id, dan menuliskan STAFF APPLICATION_EMBRACING THE SUN (Nama Pemohon-Posisi) pada subjek email.

“Nantinya para pelamar akan mengikuti tahapan penjaringan dari seleksi berkas. Bagi yang lolos akan lanjut interview bersama pelaksana, baik dari dalam negeri dan luar negeri,” tutupnya. (dra)

 

DENNY SAPUTRA

@dennysaputra46